Cara Membuat Gambar Gif Bergerak dengan Photoshop


Seperti yang kita tahu,format gif memungkinkan kita untuk memainkan beberapa frame gambar secara berurutan.sehingga seolah gambar tersebut bergerak layaknya file video...

Nah sekarang saya akan memberikan tutorial membuat gambar gif di photoshop .disini saya menggunakan photoshop cc gan,tapi pada intinya sama saja agan tinggal perhatikan langkah-langkah intinya saja.yuk langsung ae ke langkah yang pertama.

1. Buka Photoshop
Secara kita mau buat gambar Gif pake photoshop gituloh,hehe

2. Siapkan Gambar Yang Akan di Buat
Disini saya menggunakan file vektor yang sudah saya buat. Untuk membuat gambar gif kita menggunakan beberapa layer agar memudahkan kita untuk dalam mengatur setiap frame gambar.

3. Pilih Window --> Timeline

3. Maka akan muncul jendela timeline
Pilih create frame animation

jangan lupa di klik

4. Maka akan muncul frame

5. Kemudian pilih New Frame untuk menambahkan frame gambar.
Tambahkan sesuai kebutuhan.Disini saya menggunakan 4 frame gambar.

6. Atur Visibilitas Layer pada setiap frame
frame 1

frame 2

frame 3

frame 4

7. Atur waktu tampilan setiap frame.
Klik tanda panah kebawah pada setiap frame dan atur waktu setiap frame sesuai keinginan agan.
Disini saya menggunkan waktu 0.2 pada Frame 1 dan 2, 0.5 pada Frame 3 dan 2.0 pada Frame 4


8. Atur jumlah jalannya animasi pada gambar.


Keterangan :
Once         = untuk menjalankan animasi hanya sekali
3 times        = untuk menjalankan animasi sebanyak 3 kali
Forever    = untuk menjalankan animasi terus menerus
Other...    = mengatur sendiri banyaknya animasi yang dijalankan

9. Cek apakah gambar gif sudah sesuai yang diinginkan.
Klik icon play untuk mencoba animasi gambar gif kita. Apabila ada kekurangan, misalkan waktu pada setiap frame kurang sesuai kita dapat menggantinya.

10. Save Gambar Gif Kita
Pilih File --> Save For Web
Maka akan mucul jendela berikut:

Disini pada looping option saya pilih forever.untuk membuat gambar Gif mengulang animasi secara terus menerus.
Klik save dan ok. Sekarang gambar gif kita sudah jadi .

11. Untuk mengecek, agan bisa melakukan klik kanan pada gambar gif agan yang sudah jadi kemudian Open with --> Firefox

Berikut gambar gif vector saya


Demikian cara membuat gambar Gif dengan menggunakan photoshop dari saya. Semoga dapat bermanfaat bagi agan/sista semua. Jangan lupa komeng gan,untuk kemajuan blog ini.


Komentar